Arti Kata Pagebluk

Posted on

KavSar.Net – Bahasa Jawa tentunya memiliki banyak sekali kosa kata salah satunya yaitu pagebuluk. Tahukah kamu arti dari kata pagebluk?

Kata ini mulai bermunculan di masa pandemi ini. Bahkan sempat mimin juga melihatnya berkeliaran di berita atau pun media sosial yang membahas tentang pagebluk.

Pagebluk sendiri merupakan suatu istilah yang digunakan pada Jawa Kuno.

Istilah ini mulai menjadi viral karena adanya salah satu konten yang berkaitan dengan pagebluk.

Tentu saja karena virus corona sedang menjadi perbincangan hangat, hal- hal yang berkaitan dengan virus tersebut akan menjadi viral.

Apalagi saat ini banyak sekali orang yang percaya aja dengan hal- hal yang seperti itu. Padahal belum tentu benar apa yang dilihatnya tersebut.

Seiring dengan itu, kata kunci pagebluk pun semakin meningkat. Banyak orang yang penasaran dengan arti dan maksud dari kata tersebut.

Untuk membantu kamu mengetahui apa sebenarnya arti dari kata pagebluk ini berdasarkan pada KBBI dan juga bahasa Jawa Kuno. KavSar akan menjelaskan tentang materi ini ya, simak terus artikel pagebluk ini selanjutnya ya.

Arti Kata Pagebluk

Arti Kata Pagebluk dalam KBBI

Arti Kata Pagebluk dalam KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pagebluk berarti wabah penyakit, epidemi dan termasuk dalam kata benda atau nomina.

Wabah penyakit ini terjadi dengan penularan yang sangat luar biasa.

Kita juga tidak bisa memprediksi akan adanya wabah seperti ini. Bahkan sampai sekarang pun masih belum diketahui dengan pasti mengenai virus corona ini.

Pemerintah pun masih mengupayakan pemberian vaksin untuk meningkatkan imun kita dalam menghadapi virus corona ini.

Selain itu, dengan mengurangi mobilitas pun diharapkan dapat menurunkan persentase orang- orang yang terkonfirmasi positif corona.

Arti Pagebluk dalam Jawa Kuno

Pagebluk merupakan kata yang berasal dari Jawa Kuno yang memiliki arti wabah penyakit yang sangat berbahaya. Wabah tersebut disebabkan adanya ilmu spiritual.

Kata pagebluk ini juga dikenal dengan nama bagebluk.

Tentu saja kedua kata tersebut memiliki makna yang sama yaitu wabah penyakit yang sedang terjadi.

Bagi mereka yang masih mempercayai kebudayaan Jawa tentunya mereka memahami pagebluk ini.

Selain itu, pagebluk ini bisa juga dimaknai dengan penyakit.

Seperti halnya pandemi saat ini, masih banyak masyarakat yang mempercayai akan adanya adat istiadat yang sebenarnya belum terbukti juga kebenarannya.

Pandemi ini pun dikaitkan dengan adanya musibah yang berhubungan dengan hal- hal yang sebenarnya bisa dikaitkan dengan ilmu pengetahuan.

Masih banyak orang yang mempercayai adat istiadat yang dapat dilakukan untuk menangkal wabah suatu penyakit agar tidak mendekati mereka.

Tentu saja, perkembangan teknologi yang sudah sangat canggih dan berkembang ini menyebabkan masih banyak juga orang yang tidak mempercayai hal seperti guna- guna dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari kedua arti tersebut dapat disimpulkan bahwa jika pagebluk merupakan suatu penyakit yang menyebar dengan luas dan cepat yang terjadi di suatu daerah.

Itu artinya pagebluk, yang merupakan pandemi.

Jadi, jika kita berkunjung ke daerah Jawa bisa saja mereka menyebut pandemi ini dengan sebutan pagebluk.

Banyak nilai- nilai yang bisa kita ambil dari pagebluk ini. Tentu saja yang namanya suatu musibah, pasti ada alasan dibalik itu semua. Ada nilai yang bisa kita anggap baik dan juga terdapat sisi negatifnya.

Banyak sekali hal- hal yang dianggap tidak wajar dan aneh dalam budaya Jawa. Tentunya banyak sekali juga ritual yang dilakukan.

Seperti halnya mengusir aura negatif atau keburukan, ritual keselamatan, dan lain sebagainya.

Masih banyak masyarakat Jawa yang mempercayai adanya perlindungan diri dari berbagai wabah penyakit yang datang dan meluas di Indonesia.

Banyak sekali yang beredar mengenai berita pagebluk ini. Tentu saja kamu jangan langsung mempercayainya. Kamu perlu mengecek kembali apakah berita tersebut benar adanya.

Baca Juga:

Demikian artikel KavSar tentang arti kata pagebluk berdasarkan KBBI dan bahasa Jawa Kuno yang cukup meresahkan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya, jaga terus kesehatan, dan patuhi protokol kesehatan ya agar terhindar dari berbagai penyakit. Terima kasih.