Bahasa Sunda Aku Sayang Kamu itu Bagaimana ya?

Posted on

Bahasa Sunda Aku Sayang Kamu itu Bagaimana ya? – Bagaimana caranya mengungkapkan rasa sayang kita kepada orang lain? Apalagi orang tersebut merupakan orang yang spesial untuk Anda. Tentunya banyak cara untuk menyatakan rasa sayang kita terhadap orang tersebut.

Aku sayang kamu bisa diungkapkan dengan berbagai cara, tentunya. Bisa dengan perbuatan atau dengan ucapan. Jika melakukan keduanya pasti orang tersebut bakal klepek kelepek 😀 Apabila kamu lagi dekat nih sama cewek yang ternyata orang sunda, bagaimana? Nah jadi tantangan tersendiri nih apalagi kalau si doi tau kamu itu ga bisa bahasa sunda. Kan jadi nilai plus lagi nih kalau kamu mencoba mengungkapkan dengan bahasa yang dia biasa gunakan.

Kamu bisa mencoba untuk mengungkapkan perasaan kamu dengan menggunakan bahasa sunda loh. Supaya makin meresap gitu rasa sayangnya, pas langsung menuju ke hati, ngga pakai acara mengkol dulu muter sana sini 😀

Nih KavSar.Net akan kasih tahu bagaimana cara mengungkapkan rasa sayang dengan bahasa sunda yang bisa kamu praktikan untuk nembak doi ya, simak kuuy.

Bahasa Sunda Kata Aku dan Kamu

Bahasa Sunda Aku Sayang Kamu

Di Indonesia yang memiliki berbagai suku tentunya menjadikan kaya akan bahasa daerahnya. Dalam bahas daerah terdapat bahasa alus dan juga kasar. Biasanya bahasa yang kasar digunakan dalam lingkup pertemanan, sedangkan bahasa yang alus lebih sering digunakan untuk berbicara kepada orang yang lebih tua.

Sama halnya dengan bahasa sunda, bahasa sunda dari kalimat aku sayang kamu ini dapat diucapkan dengan “Aing bogoh ka sia” yang menggunakan bahasa sunda kasar. Jika menggunakan ini terkesan agak kurang gimana gitu ya karena menggunakan bahasa yang kurang alus. Maka dari itu selain menggunakan kalimat tersebut kamu juga bisa menggunakan kalimat lainnya.

Kamu dapat mengatakan aku sayang kamu dengan “Abdi bogoh atau dedeuh ka anjeun. Bahasa tersebut merupakan bahasa sunda alus. Dari kalimatnya saja sudah terdengar nyes sampai ke hati gitu bikin deg deg ser gitu kan ya.

Tentunya meski sama – sama menggunakan bahasa sunda, bisa saja kalimatnya berbeda untuk orang sunda itu sendiri. Karena meski sama – sama menggunakan bahasa sunda, bahasanya bisa beraneka ragam. Sama seperti di Jawa terdapat bahasa jawa alus, kasar, ngapak, dan lainnya.

Bahasa Sunda “Aku”

Untuk kata “aku” dalam bahasa sunda bisa dengan kata berikut ini:

Aing, kuring, kula, abdi, kami.

Kata – kata tersebut bisa digunakan untuk kata ganti orang pertama, tetapi tidak semua kata tersebut dapat digunakan di segala situasi ya. Karena kata aku tersebut masih ada yang menggunakan bahasa sunda kasar.

Seperti kata aing ini merupakan kata yang kasar. Untuk kata kuring dan kula diucapkan oleh orang jaman dahulu, seperti para sesepuh. Sedangkan bahasa sunda alus dari kata aku yaitu abdi dan kami.

Bahasa Sunda “Kamu”

Kata “kamu” dalam bahasa sunda yaitu:

Sia, dia, maneh, anjeun, euyan.

Untuk bahasa sunda alus dari kata kamu yaitu anjeun dan maneh. Sedangkan yang kasar yaitu sia dan dia.

Bahasa Sunda untuk yang lebih Tua

Kata yang digunakan untuk kata ganti orang yang lebih tua antara lain yaitu:

Untuk perempuan yaitu teteh dan untuk laki-laki yaitu kakak atau kak.

Jika menggunakan bahasa sunda yang kasar terhadap orang yang lebih tua akan terkesan tidak sopan. Jadi lebih baik hindari menggunakan kata maneh, sia, atau dia. Selain itu, memanggil hanya nama saja pun kurang sopan.

Kalimat Aku Sayang Kamu Bahasa Sunda

Bila ingin menyatakan perasaan suka dalam bahasa sunda dapat menggunakan kalimat berikut ini:

  • Abdi bogoh ka anjeun.
  • Abdi dedeuh ka maneh.

Kalimat tersebut menggunakan bahasa sunda yang alus. Untuk kalimat yang biasa dapat menggunakan kalimat berikut:

  • Kami nya’ah ka maneh.
  • Kuring resep ka maneh.

Lebih baik hindari menggunakan kalimat berikut:

  • Aing bogoh ka dia.
  • Aing nya’ah ka sia.

Karena kalimat tersebut menggunakan kata yang kasar.

Baca Juga:

Dari kalimat kalimat tersebut kamu bisa memilih kata yang lebih enak untuk diucap dan didengar. Semoga apa yang disampaikan tersampaikan dengan baik. Good luck, bro! Terima kasih.