Arti Istilah COD dalam Berjualan Online Viral Kekinian

Posted on

Arti Istilah COD dalam Berjualan Online Viral Kekinian – Berbelanja secara online baik itu di e-commerce atau pun di media sosial memang sedang viral. Bahkan semakin banyak yang mulai beralih belanja online dibandingkan berbelanja secara langsung, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Semua pergerakan kita dibatasi, tidak bisa kemana- mana, sebisa mungkin melakukan kegiatan di rumah. Kecuali jika benar- benar penting tidak masalah untuk keluar rumah, bila hanya untuk bermain sebaiknya ditunda dulu ya.

Meskipun keuangan sedang menurun, minat orang- orang untuk membeli barang tidak berbanding lurus. Justru malah berbanding terbalik. Kenapa demikian?

Seperti yang kita ketahui, meski keuangan sedang menurun dan tidak stabil, tetapi kebutuhan akan kebutuhan sehari- hari tetap dan tidak berubah, malah bisa saja semakin meningkat.

Maka dari itu, kebutuhan tidak berkurang meski keuangan sedang tidak baik- baik saja.

Dengan dibatasinya mobilitas kita, justru dimanfaatkan oleh para penjual dengan berjualan secara online. Untuk pembayaran pun tidak perlu dipusingkan.

Pembayaran yang dilakukan pun bisa melalui berbagai metode, baik itu sistem tranfer, tunai, bahkan COD.

Nah tahukah kamu apa itu metode pembayaran dengan sistem COD?

Artikel KavSar kali ini akan membahas tentang pengertian dari istilah COD yang sering sekali digunakan dalam belanja online yang viral dan kekinian. Simak artikel berikut ini ya kuy.

Apa Arti dari Istilah COD dalam Berjualan Online?

Saat ini perkembangan teknologi sudah cukup pesat, hal ini juga dimanfaatkan oleh para penjual. Mereka pun mulai berjualan dengan memanfaatkan teknologi yaitu dengan berjualan secara online. Penjualan dapat dilakukan melalui media sosial atau pun e-commerce.

Jika berbelanja secara online bagaimana cara membayarnya? Masa kita harus membayarnya langsung dengan mendatangi penjual? Lantas apa bedanya dengan membeli secara langsung?

Dalam membeli secara online disediakan cara pembayaran sesuai metode yang disediakan para platform tokonya, seperti transfer langsung ke penjual atau melalui supermarket yang bekerja sama dengan platform tersebut.

Selain itu, saat ini mulai berkembang juga metode pembayaran secara COD.

Arti Istilah COD

Arti Istilah COD dalam Berjualan Online

Akronim dari istilah COD yaitu Cash on Delivery yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti bayar di tempat.

Sebelumnya sistem COD banyak digunakan untuk pembelian beberapa barang yang mengharuskan penjual dan pembeli bertemu di tempat yang dijanjikan untuk mengecek barang dan membayarnya langsung saat itu juga.

Namun seiring berjalannya waktu, sistem COD ini digunakan untuk berbelanja secara online juga. Hal ini digunakan untuk memudahkan para pembeli yang tidak memiliki rekening atau pun yang kesulitan untuk membayar di berbagai supermarket yang bekerja sama dengan e-commerce tersebut.

Bagaimana apakah kamu sudah mengerti apa yang dimaksud dengan istilah COD?

Contoh

Misalkan kamu ingin membeli sebuah produk fashion, nah kamu melihat di salah satu e-commerce. Harga dari produk tersebut pas di kantong Anda. Kemudian saat Anda ingin membayar produk tersebut, Anda dapat memilih metode pembayaran salah satunya yaitu dengan COD.

Setelah itu, produk yang Anda pesan tersebut akan di packing dan dikirim ke alamat rumah Anda. Kurir ekspedisi akan mengantarkan produk tersebut ke rumah Anda. Kemudian Anda dapat membayar belanjaan Anda tersebut kepada kurir tersebut.

Kurang lebih seperti itulah maksud dari sistem COD. Bagaimana apakah contoh tersebut dapat membantu Anda dalam memahami sistem COD tersebut.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba hal tersebut?

Bagi beberapa orang sistem ini sangat menguntungkan, apalagi yang tinggal jauh dari atm, supermarket, dan sejenisnya.

Karena akan dengan mudahnya membeli barang dan membayarnya secara langsung.

Tips

Jika Anda membeli barang secara online dan membayar dengan sistem COD, pastikan untuk menyiapkan uang untuk membayar belanjaan Anda tersebut.

Selain itu pastikan juga Anda berada di rumah untuk membayar dan menerima belanjaan Anda. Jika Anda tidak bisa, maka titipkan uang dan minta tolong keluarga Anda untuk menerima barang tersebut.

Hal tersebut membantu kurir dalam bekerja. Jadi hubungan timbal balik ini pun berjalan dengan baik. Anda menginginkan kurir tersebut membawa barang Anda dengan baik, begitu pula sebaliknya kurir juga menginginkan Anda membayar paket yang dikirimkannya.

Bagaimana tertarikkah Anda untuk mencobanya?

Baca Juga:

Demikian penjelasan mengenai arti dari istilah COD yang digunakan dalam berjualan online yang viral dan kekinian, semoga bermanfaat ya. Terima kasih.