Batas FUP IndiHome Berapa Sih? Berikut Ini Cara Mengeceknya!!

Batas FUP Indihome – Indihome yakni sudah memang menjadi salah satu layanan internet rumah paling populer di Indonesia. Selain biaya berlangganan yang murah, jaringan Indihome juga telah meluas hingga pelosok tanah air.

Maka Anda harus tahu bahwa layanan Indihome memiliki beberapa syarat dan ketentuan yang salah satunya berkisar pada FUP.

Apa itu FUP? Setiap kecepatan internet yang tersedia di layanan Indihome memiliki batas pemakaian bulanan. Jika batas ini tercapai, apakah layanan Indihome masih berfungsi?

Tentu saja masih ada. Layanan Indihome yakni akan diisolasi jika Anda terlambat membayar tagihan indihome.

Oke, untuk lebih jelasnya simak penjelasan lengkap Indihome tentang batasan FUP untuk setiap kecepatan internet yang Anda gunakan.

Apa Itu FUP ?

FUP adalah batas pemakaian normal. FUP adalah kebijakan penyedia untuk pengguna sebagai pembatasan penggunaan Internet.

Jika Anda menggunakan internet melebihi batas FUP yang disetujui, kecepatan internet Anda akan menjadi lebih lambat atau lebih lambat.

Misalnya paket internet unlimited yang secara umum memiliki persyaratan FUP tersendiri. Artinya setiap paket internet provider mempunyai kebijakan FUP yang berbeda.

Selain itu, juga terdapat batasan FUP yang berbeda antara satu provider dengan provider lainnya. Umumnya menerapkan limit FUP bulanan atau harian.

Jadi, jika Anda merasa internet Anda sering lemot pada hari atau jam tertentu, hal itu bisa dipengaruhi oleh FUP.

Ini karena Anda menggunakan internet di luar batas penggunaan wajar meskipun paketnya tidak terbatas, misalnya streaming video berlebihan, mengunggah atau mengunduh file besar, dan lain sebagainya.

FUP (Fair Usage Policy) adalah batasan yang ditetapkan oleh IndiHome. Bagaimana pembatasan dibuat nyaman untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna lain?

Jadi apa yang seharusnya membuat pengguna lain merasa bahwa IndiHome telah disalahgunakan tanpa batas oleh banyak orang di masa lalu tanpa FUP.

Oleh karena itu, IndiHome mengimplementasikan FUP untuk mengantisipasi penyalahgunaan seperti RTRWNET atau paralel dari satu rumah pribadi ke tetangga lain yang menyebabkan jaringan dan koneksi internet Indihome menjadi lambat untuk mengakses pengguna lain yang membayar sama.

Batas FUP IndiHome Berapa Sih? Berikut Ini Cara Mengeceknya!!

Banyak kalangan pengguna yang tidak mengerti pengertian dan arti Mbit/s, artinya satu rumah tidak selalu harus menginstal indihome 10 Mbit/s, tetapi semua orang di rumah juga mendapatkan 10 Mbit/s.

READ MORE:   Cara Mengganti Password WiFi

Analoginya, jika 5 orang tinggal dalam satu rumah dan Anda berlangganan IndiHome 10 Mbit/s, maka setiap orang akan mendapatkan kecepatan akses Internet IndiHome 2 Mbit/s.

FUP merupakan batasan dari provider untuk membatasi bandwidth internet secara harian atau bulanan, dimana FUP diharapkan dapat membuat koneksi internet pengguna lain juga stabil.

Batas-FUP-IndiHome

Karena tanpa FUP biasanya orang menggunakan internet sebagai hal-hal yang tidak wajar. Misalnya dalam berbagi koneksi internet yang seharusnya untuk internet di rumah.

Tanpa FUP, komunitas menyebarkan Internet ke kota atau desa. Karenanya, banyak penyedia yang menerapkan sistem FUP ini, memungkinkan pengguna mengakses Musicmax, YouTube, GamesMax, dan Instagram tanpa batasan apa pun.

Akan tetapi, terdapat suatu batasan hingga 6 bulan, setelah 6 bulan kontingen aplikasi unlimited tidak bisa digunakan.

Selain itu kuota ini tidak bisa dibatasi jika digunakan untuk mendownload video atau film yang lainnya di browser.

FUP adalah batas pemakaian wajar bagi pengguna yang telah ditetapkan Indihome sesuai dengan kecepatan internet yang ditawarkan.

Jika batas FUP melebihi kapasitas yang ditentukan, kecepatan internet akan berkurang 60%. Berikut daftar FUP Indihome untuk masing-masing kecepatan internet, diantaranya ialah:

1. Kecepatan 20 Mbps

FUP 1 yakni sebagai adanya suatu kecepatan internet 20 Mbit/s adalah 500 GB. Ketika penggunaan ini tercapai, pengguna hanya dapat menikmati kecepatan internet 15Mbps.

Untuk FUP 2 dengan kecepatan 20 Mbit/s adalah 800 Mbit/s dengan tingkat pengurangan kecepatan hingga 60% atau hingga 8 Mbit/s.

2. Kecepatan 10 Mbps

Kecepatan internet 10Mbps memiliki batas pemakaian wajar sebesar 300GB. Saat Anda mencapai angka ini, kecepatan berkurang 25%. FUP kedua adalah 400 GB, dan ketika jumlah itu tercapai, kecepatan internet berubah menjadi 4 Mbps.

3. Kecepatan 30 Mbps

Terdapat suatu batas kecepatan internet FUP 30Mbps. Pengguna dengan kecepatan tersebut masih mempunyai dua batasan FUP, yakni 1200 GB dan 700 GB.

Saat mencapai penggunaan wajar pertama, kecepatan berubah menjadi 22,5Mbps. Sedangkan pengurangan kecepatan saat mencapai FUP kedua adalah 28 Mbit/s atau 60% dari kecepatan awal.

READ MORE:   Netflix Mod Apk Premium

4. Kecepatan 50 Mbps

Dengan adanya suatu jenis kecepatan internet 50 Mbit/s, Indihome menawarkan batas pemakaian wajar 1.200 GB dan 2.000 GB per bulan.

Bila Anda menggunakan Internet hingga 1.200 GB, kecepatan akan dikurangi menjadi 37,5 Mbit/s. Sedangkan pengurangan kecepatan saat mencapai FUP kedua adalah 60% atau 20 Mbit/s.

5. Kecepatan 40 Mbps

Pengguna Indihome dengan adanya suatu jenis kecepatan internet 40Mbps mendapatkan FUP sebesar 900GB dan 1.600GB per bulan. Bahkan jika Anda mencapai batas penggunaan FUP selanjutnya, Anda masih dapat menikmati kecepatan internet 16Mbps.

6. Kecepatan 100 Mbps

Disini terdapat FUP untuk kecepatan internet 100 Mbit/s. Jika Anda pelanggan Indihome dengan kecepatan tersebut, Anda hanya akan mendapatkan FUP sebesar 2.000GB.

Jika penggunaan melebihi jumlah tersebut dalam sebulan, Anda masih dapat menjelajahi Internet dengan kecepatan 20 Mbit/dtk.

Berapa limit FUP IndiHome ini yang mengalami 3 kali penurunan koneksi internet IndiHome, FUP IndiHome yang pertama memiliki suatu jenis kecepatan internet IndiHome menjadi 75%.

Lalu terhadap FUP kedua yakni 40%, setelah itu tidak ada lagi FUP yang artinya kecepatan WiFi IndiHome sudah menjadi unlimited untuk perbulannya.

Dalam mengetahui berapa FUP tersebut yakni bergantung kalian yang menggunakan paket kecepatan Mbps, tentu saja FUP-nya berbeda untuk kalian yang menjadi berlangganan IndiHome 10Mbps dan instal IndiHome 100Mbps, harga instal Indihome berbeda.

Kapan FUP IndiHome Bisa Memulihkan Kecepatan Internet?

Demi menciptakan lingkungan yang adil tanpa membebani pelanggan, IndiHome menerapkan batasan pemakaian wajar atau FUP pada produknya.

Dengan adanya suatu jenis ketentuan berbeda untuk paket yang ditawarkan, FUP melindungi pelanggan dari pengguna yang sering.

Termasuk mereka yang suka mengunduh video atau game berukuran besar. Seperti yang Anda ketahui, mengunduh file biasanya membutuhkan lebih banyak bandwidth.

Oleh karena itu, kualitas Internet dalam jaringan yang digunakan juga dapat menurun sehingga pelanggan lain terpengaruh jika hal ini terjadi terus menerus.

Namun di sisi lain, kita juga harus mematuhi batasan penggunaan wajar yang diberlakukan oleh IndiHome. Masalahnya, kecepatan akses internet akan disesuaikan lebih rendah jika terlampaui.

READ MORE:   WhatsApp Aero (WA Aero) Apk - Link Download Terbaru Anti-Banned!!

Ettss… Kalian yakni tidak perlu khawatir karena IndiHome melakukan reset FUP terhadap suatu jenis produknya perbulannya.

Cara Mengukur Kecepatan Internet IndiHome

IndiHome adalah ISP (Internet Service Provider) atau Penyedia Layanan Internet yang banyak digunakan pada negara kita yakni Indonesia.

Internet IndiHome merupakan penyedia internet yang menawarkan paket internet dengan kriteria penawaran kecepatan internet.

Kalian tentunya bisa dengan mudah dalam memilih suatu jenis paket IndiHome yang akan diakses dengan juga memilih sebuah jenis paket bersama kecepatan akses tersebut dan harga tersebut.

Setiap paket yang dipilih menawarkan Internet dengan kecepatan akses yang berbeda dengan harga yang berbeda untuk setiap paketnya.

Dari Paket Internet Rp 250.000 per bulan dengan kecepatan koneksi Internet 10 Mbit/s, Rp 350.000 per bulan dengan kecepatan 20 Mbit/s, Rp 510.000 per bulan dengan kecepatan akses 30 Mbit/s, Rp 610.000 per bulan bulan.

Yakni sebagai adanya suatu jenis kecepatan koneksi Internet dari 40 Mbit/s hingga paket Triple Play yang menawarkan tiga layanan (telepon rumah, internet rumah, dan TV interaktif) dalam satu paket dengan harga lebih mahal dan berbeda.

Begini cara cek adanya suatu jenis kecepatan Indihome dengan Speedtest, diantaranya ialah:

  • Silahkan kalian membukan halaman Speedtest.net
  • Saat sudah terbuka penuh, cari dan klik tombol Start Test
  • Tunggu proses selesai karena situs akan mencoba proses ping, upload dan download
  • Setelah selesai, halaman akan menampilkan hasil pengujian dalam tiga aspek yaitu kualitas ping, kecepatan upload, dan kecepatan download
  • Anda juga dapat menyimpan hasilnya sebagai gambar atau membagikannya di media sosial

Harus dicatat bahwa semakin tinggi nilai ping yang dihasilkan dalam uji kecepatan, semakin buruk kualitas Internetnya.

Sebaliknya, hal berikut berlaku yakni semakin tinggi nilai kecepatan unggah dan unduh, maka semakin juga baik kualitas Internet terukur.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan yang sudah kami siapkan mengenai Batas FUP IndiHome, sekian dan terima kasih!!