Cara Mendinginkan Laptop

Posted on

Kavsar.net – Bagaimana Cara Mendinginkan Laptop? Saat ini berbagai keperluan dapat dilakukan menggunakan laptop mulai dari bekerja, mengedit, bermain game dan lainnya.

Memang, kebutuhan akan semakin banyak yang membuat laptop kita sering bertemu, bahkan Anda sendiri mungkin sudah memilikinya. Namun, pernahkah Anda menemui masalah saat menggunakan laptop Anda.

Ya, memang dapat terjadi masalah yang mengganggu pekerjaan Anda seperti laptop panas untuk membuat kinerja Anda semakin membingungkan dan proses yang berjalan pada laptop turun secara dramatis karena suhu yang melebihi batas.

Masalah yang berkaitan dengan suhu laptop sering dialami oleh kita. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana Cool Laptop Optimal.

Berbagai cara tentu saja bisa Anda mulai dari yang sederhana hingga yang sering diabaikan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips cara mendinginkan laptop yang tangguh.

Mungkin hanya beberapa tips yang akan kami sampaikan nanti di artikel ini, mari kita simak saja.

Cara Mendinginkan Laptop

Cara Mendinginkan Laptop

1. Matikan Laptop

Jika suhu laptop Anda cukup tinggi untuk menyebabkan kinerjanya menurun, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah mematikan laptop untuk sementara waktu.

Ketika ini dilakukan, semua bagian yang bergerak di dalam laptop akan berhenti bekerja sehingga membuat suhu turun.

Anda juga dapat mengaktifkan mode tidur atau hibernasi agar laptop dapat beristirahat. Ketika kita lelah kita juga perlu istirahat, baik dengan tidak bergerak atau tidur.

Demikian juga dengan laptop, Anda tidak dapat menggunakan perangkat ini untuk jangka waktu yang lama. Coba istirahatkan laptop sejenak sebelum siap digunakan kembali.

2. Gunakan Kipas Pendingin Laptop

Agar suhu laptop tetap terjaga saat kita menggunakannya, Anda bisa menggunakan fan atau cooling pad (cooling fan / pad) di bagian bawah laptop.

Alat ini berfungsi untuk menstabilkan suhu laptop agar tidak cepat panas. Jika Anda seorang gamer, maka bantalan pendingin adalah aksesori laptop yang harus Anda miliki.

Biasanya ada cooling pad yang khusus dibuat untuk laptop gaming. Bantalan atau kipas pendingin laptop tersedia dalam banyak model dan merek.

Harga pad pendingin umumnya lebih mahal daripada kipas pendingin. Itu karena fitur yang dilakukan lebih banyak bantalan pendinginan daripada kipas pendingin.

Bantalan pendingin juga memiliki desain yang lebih kompak, ergonomis, dan keren. Ingin mendapatkan kipas pendingin atau bantalan laptop dengan mudah?

3. Bersihkan Ventilasi Laptop

Setiap laptop harus memiliki lubang ventilasi di bagian bawah. Fungsinya agar udara panas yang dihasilkannya dapat dilepaskan dengan mudah menggunakan bantuan kipas laptop.

Namun, seiring berjalannya waktu, lubang ventilasi bisa menjadi sarang debu dan benda kecil lainnya sehingga udara panas sulit dihilangkan.

Agar sirkulasi udara tetap baik, Anda perlu membersihkan ventilasi laptop dari segala yang tersumbat. Anda dapat menggunakan alat jenis sapu kecil untuk melakukan pembersihan.

Jika Anda sudah memahami pembongkaran laptop, cobalah untuk membersihkan bagian dalam (terutama kipas).

Baca Juga : Cara Merawat Baterai Laptop

4. Tempatkan Laptop pada Permukaan yang Keras dan Rata

Meletakkan laptop di atas permukaan yang tidak rata dan halus (seperti bantal, kasur, dan karpet) dapat membuat sirkulasi udara menjadi lebih buruk karena ventilasi tertutup.

Hasilnya adalah suhu laptop akan naik dengan cepat dan kinerja akan menurun. Agar hal ini tidak terjadi, Anda harus meletakkan laptop di atas permukaan yang keras dan rata, seperti meja.

Tidak hanya keras dan rata, Anda harus memilih permukaan yang mampu menyerap panas yang dihasilkan oleh laptop.

Jika sewaktu-waktu Anda harus mengerjakan kasur, Anda dapat membeli meja laptop portabel yang terbuat dari logam.

Dengan menggunakan alat ini, Anda tidak perlu lagi meletakkan laptop di atas bantal atau kasur yang berpotensi merusak laptop jika dilakukan terlalu sering.

5. Coba Tambah RAM

Anda sudah tahu fungsi RAM? RAM atau Random Access Memory adalah perangkat keras dalam perangkat komputasi tempat sistem operasi (OS), program aplikasi.

Dan data yang sedang digunakan disimpan sehingga dapat dengan cepat dijangkau oleh prosesor perangkat.

RAM adalah memori utama di komputer atau laptop. Objek ini memiliki kemampuan membaca dan menulis lebih cepat daripada jenis penyimpanan lain, seperti HDD dan SSD.

Ukuran RAM pada sebagian besar komputer dihitung dalam GB. Semakin tinggi ukuran RAM yang digunakan, semakin tinggi kinerja komputer yang dihasilkan.

Sebaliknya semakin rendah ukuran RAM yang digunakan, maka Anda tidak mengharapkan kinerja laptop yang cepat.

Setiap laptop dilengkapi dengan ukuran RAM yang berbeda, tergantung pada harga jual yang ditawarkannya. Ketika laptop mengkonsumsi RAM yang cukup untuk mencapai batasnya, suhu akan naik.

Jika Anda merasa bahwa jumlah RAM di laptop Anda terlalu kecil, Anda dapat menambahkan RAM dalam ukuran tertentu yang didukung oleh laptop Anda.

Laptop dengan RAM yang cukup mampu bekerja lebih cepat sehingga suhunya tidak naik dengan cepat.

6. Sesuaikan Pengaturan Laptop

Proses pendinginan laptop juga bisa dilakukan dengan menyesuaikan pengaturan. Misalnya, jika Anda seorang gamer atau editor video, pastikan laptop yang Anda gunakan cocok dengan bidang pekerjaan Anda.

Pada saat yang sama, jika perangkat lunak yang Anda gunakan untuk bekerja masih berfungsi sebagaimana mestinya, cobalah untuk tidak memperbarui jika Anda tidak perlu.

Ini bertujuan untuk mengurangi beban kerja laptop. Coba juga pengaturan lain seperti mengurangi kecerahan layar laptop, mencabut perangkat yang mengambil daya dari laptop melalui kabel USB.

dan menutup aplikasi idle. Terakhir, pastikan pengaturan manajemen daya laptop Anda diaktifkan dengan benar.

7. Tempatkan Laptop di Ruang Dingin

Jika suhu laptop Anda memanas dan ruang kerja Anda juga panas (baik karena udara sekitar atau sinar matahari langsung), segera letakkan laptop di ruangan dengan suhu yang lebih rendah.

Kamar ber-AC dapat lebih cepat menurunkan suhu laptop yang sedang naik. Hindari menggunakan laptop di bawah sinar matahari langsung sehingga suhunya tidak cepat panas. Jika Anda hanya merasa tidak nyaman bekerja panas, maka laptop juga.

8. Gunakan Teknologi Pendingin Vakum

Tidak banyak orang tahu tentang teknologi ini. Vacuum Cooler adalah perangkat yang fungsinya sama dengan pad pendingin tetapi pendingin vakum itu sendiri lebih efisien karena diletakkan tepat di sebelah keluar panas kipas laptop.

Cara pendingin vakum bekerja seperti kipas yang mengisap panas. Jadi, pendingin vakum lebih efisien karena secara langsung menarik panas di laptop yang membuat kipas laptop terus memberikan udara baru untuk mendinginkan laptop itu sendiri.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Cara Mendinginkan Laptop yang Cepat Panas Dengan Aman, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.