Cara Merawat Baterai Laptop

Posted on

Bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop? Daya tahan baterai adalah salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop.

Karena dengan daya tahan baterai yang baik tentunya akan sangat mendukung kegiatan sehari-hari lebih cepat dan maksimal. Terutama untuk spacer yang terbiasa beraktivitas dengan perangkat ini.

Saat ini, sudah ada banyak laptop yang memiliki baterai kapasitas besar. Namun, kebiasaan dan cara merawat laptop juga bisa membuat kinerja baterai laptop berkurang.

Karena itu, agar baterai laptop tidak cepat bocor atau rusak, ikuti beberapa cara merawat baterai laptop berikut ini.

Cara Merawat Baterai Laptop

Cara Merawat Baterai Laptop

1. Jangan Biarkan Laptop Mati Total

Cara pertama untuk merawat baterai laptop adalah dengan tidak membiarkan laptop Anda mati total karena kehabisan daya.

Terkadang kegembiraan melakukan pekerjaan, menonton film, atau bermain game hingga lupa untuk segera mengisi daya laptop.

Segera pasang kabel charger laptop, sebelum daya baterai di bawah 20 persen. Membiarkan baterai hingga nol persen bisa berakibat fatal. Dapat menyebabkan komponen dalam baterai menjadi cepat rusak.

2. Hindari Temperatur yang Terlalu Panas

Terlalu fokus pada pekerjaan dan menonton film juga, dapatkah laptop Anda terasa panas? Apalagi jika tidak ada kipas laptop, pasti penggunaan terlalu lama bisa membuat laptop kepanasan.

Jangan biarkan laptop kepanasan, coba gunakan kipas angin agar baterainya terjaga.

3. Atur Cahaya Mode Layar Rendah

Apakah Anda tipe yang suka layar cerah atau biasa? Perhatikan yang satu ini, cara merawat baterai laptop Anda dengan baik sehingga yang tahan lama berikutnya adalah menyesuaikan cahaya layar laptop Anda dengan mode rendah.

Selain bagus untuk kesehatan mata Anda, metode ini juga bagus untuk menjaga kualitas baterai laptop. Menggunakan terlalu banyak cahaya menghabiskan banyak daya baterai dan cepat habis.

4. Cabut Pengisi Daya Segera Jika Itu 100 Persen

Membiarkan kabel terpasang terlalu lama, arus listrik akan terus mengalir melalui baterai. Menyebabkan komponen pada baterai laptop menjadi cepat rusak. Hindari mengisi daya saat tidur atau ditinggalkan terlalu lama.

5. Gunakan Kabel Asli

Cara merawat baterai laptop berikutnya, pastikan Anda menggunakan kabel charger asli atau pabrik laptop default.

Menggunakan KW berkualitas rendah atau kabel murah dapat menyebabkan arus listrik menjadi tidak stabil. Kemudian baterai menjadi cepat rusak karena arus masuk yang terlalu besar atau terlalu kecil.

6. Istirahatkan Laptop Saat Diisi Daya

Biarkan laptop beristirahat saat bertugas, sehingga bisa mengisi daya hingga maksimal. Bukan dengan memasang kabel dan laptop dengan aktivitas berat.

7. Perhatikan Suhu Laptop saat Pengisi Daya

Temperatur yang ekstrem, seperti terlalu panas atau terlalu dingin di lingkungan laptop, dapat menyebabkan laptop Anda bekerja lebih keras.

Akibatnya, baterai menghabiskan daya di luar kendali dan membuatnya kehilangan kemampuan untuk menyimpan daya dengan benar.

Misalnya baterai jenis lithium-ion harus dalam kisaran suhu 10 hingga 35 derajat Celcius. Jika berada pada suhu di atas itu, kapasitasnya dapat dikurangi dari waktu ke waktu.

8. Pembaruan Perangkat Lunak Berkala

Memperbarui atau memperbarui perangkat lunak pada laptop Anda adalah salah satu cara untuk merawat baterai laptop. Karena pembaruan rutin dapat memperbaiki bug atau memperpanjang usia baterai.

Beberapa perusahaan laptop sudah melakukannya.

9. Kontrol Waktu Penggunaan

Setiap barang elektronik harus memiliki kapasitas masing-masing. Jika Anda menginginkan baterai laptop yang terpelihara dan tahan lama, perhatikan kondisi penggunaannya.

Jangan biarkan laptop bekerja terlalu lama. Beberapa saat istirahat lalu dipakai lagi.

10. Mengaktifkan Mode Penghemat Daya

Saat ini ada banyak produk laptop yang dapat mengatur mode keseimbangan.

Ubah pengaturan daya laptop melalui panel kontrol atau klik ikon baterai pada bilah tugas, yang terletak di sudut kanan bawah layar.

Kemudian pilih mode Power Saver. Fitur ini dapat memperpanjang masa pakai dan menghemat daya saat berada dalam kondisi kritis.

11. Simpan dengan baik

Cara merawat baterai laptop agar tahan lama yaitu menghemat baterai dengan baik. Jika Anda akan bepergian jauh dan meninggalkan laptop, hemat baterai laptop Anda dengan melepasnya.

Jika tidak dapat dilepas atau baterai ditanamkan, jangan biarkan baterai laptop Anda penuh atau nol persen sama sekali. Simpan laptop dalam suhu udara normal atau dingin, kemudian kapasitas daya baterai 50 persen.

12. Jadikan Baterai Laptop Selalu Diisi

Tingkat pengisian daya juga memainkan peran penting dalam daya tahan baterai laptop yang tidak dapat dilepas.

Pabrikan laptop AS, yaitu Hewlett Packard (HP) bahkan merekomendasikan agar baterai laptop setidaknya harus menghemat 50% hingga 70% daya saat disimpan dalam suhu 20 hingga 25 derajat Celcius.

Jika Anda tidak menggunakan laptop untuk beberapa waktu, seperti liburan atau bisnis lainnya. Selalu pastikan baterai laptop tertanam Anda tetap terisi daya antara 50% hingga 70%.

Jangan saat Anda menggunakan laptop lagi, baterainya malah bermasalah.

Baca Juga:

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama Saat Digunakan, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.