Pengertian Globalisasi

Posted on

KavSar.Net – Globalisasi merupakan kata yang umum digunakan di jaman sekarang ya. Banyak anak- anak jaman now yang kurang memahami pengertian dari globalisasi ini.

Karena globalisasi merupakan ulasan yang cukup berat juga ya. Di sekolah pun sebenarnya globalisasi termasuk dalam salah satu materi yang akan dibahas lebih lanjut.

Namun, untuk membantu kamu lebih memahami lagi apa itu globalisasi KavSar akan mengulas definisi dari globalisasi dari berbagai sumber.

Simak kuy artikel di bawah ini ya mengenai pengertian globalisasi.

Beberapa Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Pengertian Globalisasi

Globalisasi merupakan proses integrasi internasional yang terjadi akibat dari pandangan dunia, pemikiran, produk, dan aspek- aspek kebudayaan lainnya.

Bagaimana? Apakah kamu mengerti apa itu globalisasi dari penjelasan tersebut?

Tenang, berikut ini masih akan dibahas tentang globalisasi ya.

Globalisasi Secara Estimologi

Globalisasi secara estimologi merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu “Universal” atau “Global”. Artinya, luas dan proses.

Sehingga, globalisasi berdasarkan estimologi yaitu proses yang tidak ada batasan.

Dari kedua pengertian tersebut didapatkan bahwa globalisasi merupakan suatu proses.

Globalisasi Menurut Para Ahli

Pengertian dari globalisasi yang telah disebutkan di atas sedikit berbeda dengan para ahli.

Adapun berikut ini maksud dari globalisasi berdasarkan para ahli, antara lain:

1. L. Nyeman

L. Nyeman mengatakan bahwa globalisasi ialah pertumbuhan yang berlangsung dengan cepat. Pertumbuhan tersebut disebabkan karena adanya ketergantungan negara terhadap suatu keuangan atau pun perdagangan.

2. Scholte

Menurut Scholte, globalisasi adalah proses pertumbuhan yang cepat yang disebabkan dari ketergantungan dari berbagai negara. Selain itu, berlaku juga untuk mempertahankan identitas masing- masing.

3. Tom G. Palmer

Globalisasi menurut Tom G. Palmer yaitu penghapusan batasan- batasan negara, lalu berlaku pembatasan pertukaran lintas batas dan juga sistem global yang terintegrasi.

Apakah pengertian menurut para ahli lebih bisa kamu mengerti?

Faktor Penyebab Globalisasi

Banyak sekali maksud dari globalisasi, karena globalisasi terjadi seiring berjalannya waktu dan juga teknologi yang berkembang.

Dengan adanya globalisasi, kehidupan yang terlihat monoton bisa menjadi lebih berkembang lagi.

Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan globalisasi ini muncul?

Adapun berikut ini merupakan faktor yang menyebabkan munculnya globalisasi di dunia ini antara lain yaitu:

1. Teknologi dan informasi

Berkembangnya teknologi menjadi awal mula dari munculnya globalisasi. Perkembangan teknologi yang terus menerus maju pun dapat menjadikan segala hal dapat dilakukan. Tentu saja teknologi ini dibarengi dengan informasi yang menjadi satu kesatuan berjalannya teknologi.

Pergerakan keuangan dan perdagangan semakin mudah dilakukan dengan adanya perkembangan di bidang teknologi dan informasi. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa teknologi dan informasi yang menyebabkan munculnya globalisasi.

Apakah kamu mengerti?

2. Budaya dan Ekonomi

Ketika suatu negara mau menerima budaya dari luar, maka saat itu globalisasi pun dapat masuk. Dengan begitu kegiatan ekonomi bisa berjalan sesuai keinginan. Tentu saja hal itu bagus karena dapat membuka perekonomian.

Perdagangan global semakin terbuka dan mudah dilakukan jika budaya mengikutinya.

3. Transportasi yang semakin mudah

Dengan adanya teknologi, transportasi yang tadinya sangat sulit, lama kelamaan berkembang dan semakin mudah. Transportasi membantu semua orang dalam melakukan kegiatannya.

Berbagai transportasi yang hadir tentunya memudahkan dalam pengiriman barang. Mengirim ke mana saja pun dapat dilakukan bahkan ke luar negeri sekalipun.

4. Kerjasama Negara

Globalisasi muncul juga dikarenakan kerjasama antar negara yang disebabkan karena adanya teknologi, informasi, transportasi, dan juga budaya yang saling bekerja sama.

Dengan begitu semua menjadi lebih mudah dan dapat meningkatkan sektor perekonomian.

Dari situlah muncullah globalisasi yang terus berkembang hingga saat ini. Tentunya banyak sisi positif maupun negatif dari globalisasi ini. Semua tergantung dari cara kita menanggapinya ya.

Ciri-ciri Globalisasi

Adapun berikut ini ciri- ciri globalisasi antara lain yaitu:

a. Pertumbuhan perdagangan internasional
b. Budaya asing yang diadopsi
c. Konsep yang berubah
d. Terjadinya masalah dari berbagai negara
e. Interaksi dari suatu negara hingga ke belahan dunia lainnya

Nah, setelah penjelasan yang cukup panjang ini apakah kamu sudah semakin mengerti apa itu globalisasi?

Baca Juga:

Demikian artikel KavSar yang mengulas tentang pengertian globalisasi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu ya dan terima kasih.