Perbedaan Antara Etika dan Etiket Lengkap Contoh

Posted on

Perbedaan Antara Etika dan Etiket Lengkap Contoh – Dalam bersosialisasi, kita harus bersikap sopan terhadap orang lain. Selain itu, kita harus menjaga sikap kita juga. Attitude yang baik akan memberi hal – hal yang positif juga. Salah satunya yaitu ketika kita beretika.

Nah tapi ering juga nih kita dengar orang tuh bilangnya jaga etika nya. Ada lagi orang lain bilangnya jaga etiketnya. Dari kedua kalimat tersebut, keduanya memang kalimat perintah atau pun pengingat untuk kita. Tapi apakah kedua kalimat tersebut memiliki makna yang sama???

Sebenarnya nih etika dan etiket itu kata yang memiliki arti yang sama atau tidak ya?

Kedua kata tersebut memiliki perbedaan yang terlihat sebenarnya. Tetapi masih banyak orang yang salah mengartikan kedua kata ini dan menganggap keduanya memiliki arti yang sama.

Maka dari itu, KavSar.Net akan membahas nih apa perbedaan dari kata etika dan etiket, simak kuy.

Perbedaan Etika dan Etiket

Perbedaan Antara Etika dan Etiket

Kata etika dan etiket memang terdengar familiar. Masih banyak yang salah mengartikan dan menganggap kedua kata ini sama artinya. Kedua kata tersebut memang masih sama – sama berhubungan dengan perilaku manusia. Padahal sebenarnya kedua kata ini memiliki perbedaan. Adapun berikut ini perbedaan dari kedua kata tersebut antara lain yaitu:

EtiketEtika
aNiat atau perbuatan yang boleh atau tidak boleh dikerjakanCara seseorang melakukan perbuatan yang benar
bBersifat relatif karena di tiap budaya memiliki perbedaan kesopananBersifat mutlak dan tidak boleh dilanggar
cBerlaku bila ada orang yang datangtidak terpengaruh ada atau tidaknya orang lain
dBerdasarkan hati nuraniBerdasarkan lahiriah
eBerlaku bagi siapa pun dan kapan punBerlaku hanya dalam pergaulan dan bermasyarakat
fSopan santunWatak dan kebiasaan

Setelah melihat perbedaan tersebut bagaimana? Berbeda bukan arti dari kedua kata tersebut.

Contoh Penggunaan

Untuk membantu Anda lebih memahami kedua kata tersebut gimana kalau dibantu dengan contoh supaya lebih paham ya. Berikut ini merupakan contoh dari penggunaan kata etika dan etiket di antaranya yaitu sebagai berikut:

Ketika terdapat seseorang yang meminjamkan barang miliknya kemudian orang tersebut lupa. Meski orang tersebut lupa, orang yang dipinjamkan barang tersebut tetap harus mengembalikannya. Nah hal ini yang dinamakan dengan etika. Etika dari meminjam yaitu mengembalikannya.

Misalkan nih terdapat seseorang yang dari perawakannya terlihat sangar, seram gitu, sepertinya orangnya tidak ramah, jahat, dan sifat – sifat buruk lainnya. Ini hanya terlihat ya tidak tahu secara past. Tapi pada kenyataannya setelah kamu mengenal ternyata sifat dari orang tersebut sangat bertolak belakang dengan tampilan yang kita duga – duga tadi. Ternyata dia suka membantu orang yang kesulitan. Ibarat kata mah, dont judge book by the cover. Hal tersebut yang dinamakan dengan etiket ya.

Bagaimana apakah dengan contoh tersebut sudah membantu Anda lebih memahami apa itu etika dan juga etiket?

Contoh

Contoh lagi ya supaya lebih mengerti. Ngga masalah kan ya yang penting mengerti jadinya ya 😀

Kamu sedang berada dengan keluarga besar kamu. Kamu duduk bersama keluarga sedang bersantai dan mengobrol santai. Tiba – tiba terdapat salah seorang adik kamu yang tanpa sengaja buang gas A. K. A. atau alias kentut. apakah perbuatan itu baik? Tentu tidak, bukan? Seharusnya adik kamu pindah ke kamar mandi atau ke tempat yang hanya ada dia sendiri saja begitu, bukan?

Ketika dia pindah tempat untuk membuang angin tersebut, disebut apakah perbuatannya tersebut? Apakah hal tersebut disebut dengan etika atau etiket?

Hayo, bagaimana?

Yups, Anda benar sekali. Perbuatan yang dilakukan adik kamu tersebut disebut dengan etiket. Karena hal tersebut merupakan perbuatan sopan santun terhadap orang lain.

Bagaimana, sudah semakin mengerti kan. Jadi, mulai sekarang jadi tidak salah lagi dalam penggunaan kata etiket dan etika ya.

Baca Juga:

Demikian yang dapat dijelaskan perbedaan antara kata etika dan etiket yang telah dijelaskan oleh KavSar.Net ya. Semoga membantu Anda dalam penggunaan kata tersebut ya. Terima kasih.