Arti Ungkapan Besar Kepala dalam Bahasa Indonesia

Posted on

Arti Ungkapan Besar Kepala dalam Bahasa Indonesia – Dalam bahasa Indonesia sendiri terdiri dari berbagai macam materi. Baik itu tentang peribahasa, ungkapan, perumpamaan, dan masih banyak yang lainnya. Ungkapan juga beraneka ragam. Banyak sekali ungkapan yang ada. Ungkapan tersebut juga digunakan untuk memperindah kalimat yang akan digunakan.

Karakter atau sifat seseorang bisa juga disebutkan dengan menggunakan ungkapan. Lebih sopan tentunya jika menggunakan kata ungkapan tersebut. Tetapi ungkapan juga banyak yang tidak mengetahui. Di sekolah kita juga akan diajarkan mengenai materi tentang ungkapan. Banyak sekali kata ungkapan yang dipelajari.

Sering juga kita temukan dalam soal- soal bahkan untuk tes CPNS pun terdapat terkadang soal ungkapan seperti ini. Mempelajari kata ungkapan pun tidak akan sia- sia. Kosa kata dari kata ungkapan pun semakin bertambah. Jadi, jika ada yang menggunakan kata ungkapan Anda mengerti apa yang di maksud orang tersebut. saat kelas 2 SD pun kita sudah diperkenalkan dengan kata ungkapan.

Salah satu kata ungkapan yang sering sekali digunakan yaitu keras kepala. Kata ini banyak sekali digunakan untuk mendeskripsikan karakter seseorang. Karakter dari kata ungkapan tersebut merujuk ke karakter yang kurang baik. Banyak orang yang tidak menyukai seseorang yang besar kepala. Seseorang berusaha untuk tidak bersifat besar kepala. Berteman dengan seseorang yang tidak bersifat besar kepala tentunya menyenangkan dan nyaman.

Untuk itu artikel KavSar.Net kali ini akan membahas mengenai arti dari ungkapan besar kepala dalam bahasa Indonesia berikut ini, simak kuy.

Ungkapan Besar Kepala

Arti Ungkapan Besar Kepala dalam Bahasa Indonesia

Arti Besar Kepala

Dalam bahasa Indonesia, adapun berikut ini arti dari besar kepala yaitu,

  1. Orang yang sombong,
  2. Keras kepala,
  3. Orang yang sulit dinasihati,
  4. Bengal.

Selain itu, besar kepala juga bisa berarti egois dan mau menang sendiri.

Sifat seperti itu sungguh tidak baik dan sangat merugikan Anda sendiri. memiliki sifat besar kepala tentunya tidak akan membuat Anda memiliki teman. Tidak ada yang menginginkan punya seorang teman yang besar kepala.

Coba saja bayangkan jika Anda menasihati seseorang tetapi seseorang susah sekali untuk diberi tahu. Masih saja melakukan hal yang tidak boleh dilakukan. Kesal sekali, bukan?

Bagaimana pun juga ketika seseorang memiliki sifat besar kepala akan kesulitan sendiri. Yang paling menjengkelkan dari seseorang yang besar kepala yaitu tidak mau mendengarkan orang lain dan mau menang sendiri. Apalagi jika melakukan hal yang salah, betapa menyebalkannya seseorang tersebut ketika tidak mau mendengarkan saat diberi tahu. Apalagi jika diberi tahu sampai berulang kali. Sampai capek yang memberi tahu tapi tidak juga didengarkan.

Bagaimana, apakah kamu mengerti apa yang dimaksud dengan besar kepala? Bukankah sudah jelas penjelasannya?

Contoh Penggunaan Ungkapan

Untuk membantu kamu lebih memahami maksud dari besar kepala, berikut ini contoh dari penggunaan ungkapan tersebut antara lain yaitu,

a. Rion dan Bella berteman. Tetapi Bella selalu saja membanggakan dirinya di depan Rion. Rion tidak suka karena Bella besar kepala.
b. Tia selalu mengulangi kesalahan yang sama padahal orang tuanya sudah menasihati dan juga menegurnya supaya tidak melakukan kesalahan itu lagi. Sayangnya, Tia sangat besar kepala. Hal ini sungguh melukai hati kedua orang tua Tia.

Dari dua contoh tersebut sudah terlihat bukan bagaimana maksud dari besar kepala?

Dengan begitu penggunaan dari ungkapan besar kepala mengarah ke sifat yang buruk. Hindari sifat seperti itu. Jika memang sulit, berubahlah perlahan- lahan. Memang tidak mudah, tetapi jika kamu benar- benar berniat untuk berubah maka akan berhasil.

Tidak memiliki teman tentunya akan membuat Anda merasa sendiri apalagi hal tersebut disebabkan sifat Anda yang besar kepala. Sangat merugikan.

Dengan menghindari sifat tersebut tentunya membantu Anda bersosialisasi di lingkungan Anda, baik itu sekolah, pekerjaan, atau pun lingkungan bermasyarakat.

Baca Juga artikel berikut,

Demikian penjelasan artikel mengenai arti dari ungkapan besar kepala dalam Bahasa Indonesia yang telah dijelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat dan maaf bila mimin ada salah- salah kata. Terima kasih.